Berwisata ke Pemandian Ubalan Pacet Mojokerto

Jika anda mencari tempat liburan di Mojokerto selain ke Padusan Pacet, ini ada nih tempat wisata pemandian Ubalan namanya. Pemandian Ubalan terletak di Desa Pacet Kecamatan Pacet Mojokerto. Berjarak 1,5 Km dari alon-alon Pacet membuat anda yang ingin menuju tempat wisata pemandian Ubalan ini dengan mudah. Pasalnya, jika anda pernah menuju pemandian Padusan maka anda sudah melewati pemandian Ubalan ini. Untuk menuju ke pemandian Ubalan sangat mudah karena terdapat papan petunjuk dari alon-alon Pacet.
Tiket masuk Pemandian Ubalan Pacet
Loket Tiket Masuk Pemandian Ubalan Pacet

Pada tanggal 2 September 2015, saya hendak mengunjungi pemandian Ubalan ini. Kenapa saya memilih pemandian Ubalan untuk rekreasi? Alasan yang pertama adalah meskipun saya bukan atlet renang, saya hobi berenang. Nah di pemandian Pacet, air kolamnya jernih dan berasal dari sumber mata air. Sehingga tidak ada lagi yang namanya kaporit atau penjernih berbahan kimia lainnya. 

Alasan yang kedua mengunjungi Pemandian Ubalan ini adalah untuk sekadar mengetahui saja kalau ada tempat wisata lain selain di wisata pemandian Padusan Pacet karena saya sudah sering ke wisata pemandian Padusan. Langsung saja, saya akan berbagi cerita kepada anda yang ingin mencari tempat wisata untuk anak-anak anda maupun keluarga lainnya.

Saat itu, saya berboncengan dengan teman saya menggunakan motor. Kami tiba di pemandian Ubalan pukul 08.40 WIB. Kami sengaja datang dipagi hari dengan tujuan agar tempat wisata masih sepi sehingga kami leluasa menguasai area kolam renangnya. Waktu mau menuju ke tempat parkir motor, kami diberhentikan petugas untuk membayar Rp 2.000. Dugaan saya uang itu untuk retribusi daerah. 

Selanjutnya kami menuju ke tempat parkir motor. Biaya parkir motor Rp 5.000. Wajar dengan harga itu mengingat tempat parkir ini dikelola warga juga. Saat di area parkir terlihat  loket tiket masuk menuju pemandian Ubalan. Kami segera menuju loket dan membayar tiket masuk Rp 8.000 per orang. Anehnya saat hendak membayar tiket masuk dengan uang Rp 50.000 ditolak oleh petugasnya. Petugas minta uang pas, tetapi kami tidak punya uang pas. Mau tidak mau saya sebagai pengunjung wisata harus berusaha sendiri untuk menukarkan uang ke penjual oleh-oleh disekitar loket tiket masuk itu. Akhirnya ikhlas saja untuk berjalan kaki mencari penukaran uang kecil, lalu kami ambil positifnya sajalah.

Saat masuk ke tempat wisatanya, anda akan disuguhkan taman bermain untuk si kecil. Ada perosotan, jungkat-jungkit dan lain sebagainnya.  Terdapat aneka patung juga seperti patung wayang punokawan, princess, singa dan masih banyak lagi. Tempat ini  cocok untuk bermain dengan si kecil. Akhirnya kami dapat bebas mengelilingi tempat wisata ini karena kami merupakan pengunjung pertama waktu itu.

Foto di taman Ubalan
Foto di taman pemandian Ubalan

Salah satu sudut pemandian Ubalan
Salah satu sudut pemandian Ubalan
Sekadar informasi, Wisata pemandian ubalan merupakan tempat wisata buatan. Di sini terdapat seperti ornamen-ornamen taman buatan, area makanan, tempat bermain air seperti sepeda air dan kolam renang. di taman buatan kami berfoto-foto mengabadikan momen-momen saat berkunjung di pemandian Ubalan. Setelah lama menikmati taman-taman dan berfoto-foto, kami langsung menuju ke tujuan utama yaitu berenang.

Saat menuju ke kolam renang, terlihat loket pembayaran tiket masuk ke kolam renang. Kami saat itu punya feeling untuk bayar lagi jika ingin memasuki are kolam renang. Benar saja, saat akan masuk ke kolam renang dikenakan biaya Rp 6.000 untuk setiap orangnya. Tanpa basa-basi kami langsung membayar dan masuk ke area kolam.

Kolam sumber ubalan
Kolam renang sedalam 125 cm
Pertama masuk ke area kolam, hal yang saya perkirakan sebelumnya itu memang benar bahwa meskipun tempat wisata buatan, untuk air di kolam renang menggunakan air sumber alami yang sangat segar dan dingin tentunya. Mengetahui hal itu, kami langsung menuju ke kamar ganti tentunya dengan tidak sekamar ganti lah. Untuk ganti pakaian disini banyak sekali kamar ganti. Anda tidak perlu antri-antri juga. Dan untuk kedalaman kolam renang bervariasi ada yang 50 cm, 125 cm hingga 400 cm.

Setelah ganti pakaian renang, kami langsung berenang menikmati segarnya air sumber alami. Kolam renang seperti ini tidak ada di daerah kota yang mana kolam renang di kota menggunakan penjernih berbahan kimia.
Kami berenang sebebas-bebasnya karena kami merupakan pengunjung pertama. Hal yang dapat saya lakukan mengingat jernihnya air kolam adalah berfoto didalam air.

Foto di bawah air kolam ubalan
Foto di bawah air kolam ubalan
Selama beberapa jam akhirnya kami sudah puas berenang dan kedinginan pula. Kami langsung ganti pakaian untuk keluar dari tempat wisata pemandian Ubalan ini. Sebelum keluar ke tempat wisata ini, kami hendak foto-foto kembali sambil duduk santai menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan. Setelah keluar dari pemandian Ubalan, kami menuju tempat wisata lainnya yaitu ke Trowulan. Kami di Trowulan mengunjungi Patung Budha Tidur, Candi Brahu, dan tentunya jalan-jalan dipusat kota Mojokerto untuk mencari kuliner khas yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.
Demikian tentang Berwisata ke Pemandian Ubalan Pacet Mojokerto  yang pernah saya kunjungi waktu lalu. Selamat berlibur dan semoga menyenangkan. Jangan lupa untuk membagikan info wisata ini ke sanak saudara, kerabat kerja dan orang disekeliling anda dengan membagikan di Google Plus, Facebook, Twitter di bawah ini. Terima kasih.
Tempat wisata di Mojokerto lainnya:
1. Mencari Kelezatan Onde-Onde Bo Liem Mojokerto







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berwisata ke Pemandian Ubalan Pacet Mojokerto "

Post a Comment