Objek Wisata Gedong Songo Semarang : Jelajah Candi dan Alam

Objek Wisata Gedong Songo Semarang : Jelajah Candi dan Alam - Dalam Bahasa Jawa, Gedong yang berarti bangunan dan Songo merupakan angka sembilan. Jadi, Objek Wisata Gedong Songo merupakan kawasan yang mempunyai 9 gedung/bangunan. Di sini, yang dimaksudkan dengan bangunan merupakan sebuah candi-candi peninggalan budaya Hindu. Wisata Gedong Songo terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Gedong Songo Semarang

Terletak di lereng Gunung Ungaran membuat siapa saja yang datang ke sana akan takjub melihat keindahan alam. Suhu udara di sana cukup dingin mengingat candi-candi ini terletak pada ketinggian 1.200 mdpl. Sehingga dianjurkan memakai jaket demi kenyamanan.

Kompleks Candi Gedong Songo membunyai kemiripan dengan candi-candi yang berada dikawasan Dieng. Selain persamaan letak ketinggian dan suhu udara, persamaan lainnya adalah letak candi yang berderet mulai dari bawah hingga atas bukit dimana sekitar candi terdapat sumber air panas.

Menuju Gedong Songo Semarang

Rute jalan menuju Gedong Songo bagi anda yang bertempat tinggal di Semarang Kota, anda hanya melalui jalan menuju Solo ataupun Jogja hingga menemukan POM Bensin Lemah Abang. Setelah menemukan Pom Bensin tersebut, anda akan melihat pertigaan. Ambil jalur kanan dengan cara lulur beberapa meter lalu putar balik kemudian belok kiri menuju jalur Badungan. Setelah beberapa menit di Jalur Badungan ada pertigaan lalu ambil jalur kanan hingga menemukan pertigaan lagi lalu ambil jalur kiri. Sampai di pertigaan POM Bensin Palbapang Sumowono terdapat pertigaan lalu ambil jalur kanan dan lurus sampai anda ke Candi Kedong Songo.

Rute Alternatif lain yang lebih mudah yaitu melalui Ambarawa. Dari terminal Ambarawa lalu lurus terus mengikuti jalan ke Semarang. Setelah 5 menit perjalanan, anda akan bertemu dengan pertigaan besar dimana jika anda ke kanan akan menuju Semarang jika ke kiri anda akan menuju ke Candi Gedong Songo.

Berpetualang di Gedong Songo

Menuju ke Gedong Songo malalui jalan sempit berliku-liku sehingga anda harus hati-hati dan terkadang apabila anda ke sana saat hujan turun, jalan bisa jadi licin sehingga harus ekstra hati-hati. Anda harus menggunakan gigi 1 dan berjalan pelan-pelan mengingat medan sangat ekstrim yang menanjak.

Setelah sampai di sana, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000,- bagi anda wisatawan lokal dan Rp 25.000,- untuk wisatawan mancanegara. Dengan tarif tiket semurah itu, anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat sejuk dan candi-candi yang tersebar luas di kawasan lereng Gunung Ungaran.

Setelah membayar tiket masuk ke wisata, anda bisa berjalan kaki mengikuti jalan setapak menuju gapura. Selanjutnya anda menuju Candi I. Di Candi I ramai pengunjung yang sibuk berfoto mengabadikan momen indah bersama keluarga, sahabat, kerapat maupun pasangan. Pemandangan di Candi I memang bagus.

Perjalan berikutnya menuju ke Candi II yang berjarak tidak jauh dari Candi I. Anda cukup berjalan 500 meter untuk menuju candi ini. Perjalanan tidak dengan medan yang datar, melainkan dengan medan yang menanjak. Sehingga diperlukan kondisi badan yang prima untuk berpetualang ke Candi Gedong Songo. Oh iya, apabila anda capek untuk berjalan kaki, anda bisa menyewa jasa naik kuda. Jika naik kuda, anda akan melewati jalur khusus untuk kuda. Sehingga pejalan kaki punya jalur sendiri dan tidak merasa terganggu dengan bau kotoran kuda.

Untuk tujuan ke wisata desa, dikenakan tarif Rp 25.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 35.000,- untuk wisatawan mancanegara. Tujuan ke Candi I, dikenakan tarif Rp 20.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 30.000,- untuk wisatawan mancanegara. Tujuan ke Candi II, dikenakan tarif Rp 40.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 50.000,- untuk wisatawan mancanegara. Tujuan ke Candi III, dikenakan tarif Rp 50.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 60.000,- untuk wisatawan mancanegara. Tujuan ke Candi II, dikenakan tarif Rp 40.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 50.000,- untuk wisatawan mancanegara. Tujuan ke Air Panas, dikenakan tarif Rp 60.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 70.000,- untuk wisatawan mancanegara.
Dan untuk Paket Candi Songo, dikenakan tarif Rp 70.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 90.000,- untuk wisatawan mancanegara.

Candi III Gedong Songo Semarang
Lupakan sewa tarif naik kuda, sekarang kita lanjut ke perjalanan. Dengan melakukan perjalanan selama beberapa meter saja selanjutnya anda menuju Candi III. Di Candi III terdapat 3 buah candi yang saling berdekatan. Disekitar candi III terdapat patung-patung seperti Patung pengawal Dewa Siwa Nandiswara.
Di Candi III pemandangannya juga tidak kalah indahnya seperti candi I. Di sini anda dapat berfoto-foto dan jangan lupa apabila anda berpetualang ke Gedong Songo untuk mandi air hangat dan menikmati uap panas.

Air Hangat dan Uap Panas Gedong Songo
Demikian tentang review Objek Wisata Gedong Songo Semarang : Jelajah Candi dan Alam. Masih ada candi IV, V dan seterusnya hingga IX. Selamat berlibur dan semoga menyenangkan. Jangan lupa untuk membagikan wisata ini ke sanak saudara, kerabat kerja dan orang disekeliling anda dengan membagikan di Google Plus, Facebook, Twitter di bawah ini. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Objek Wisata Gedong Songo Semarang : Jelajah Candi dan Alam"