6 wisata alam di Kulon Progo yang sering di kunjungi

6 wisata alam di Kulon Progo yang sering di kunjungi - Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten yang terletak di barat daya Daerah Istimewa Yogyakarta ini mempunyai Ibu Kota di Wates. Wates ini sebuah kecamatan di mana pusat pemerintahan di Kabupaten Kulon Progo terletak di sini. Meskipun terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta yang notabennya sebagai kota pendidikan dan kental akan budaya Jawa, Kulon Progo tidak hanya terkenal dengan motif batiknya yaitu Geblek Renteng saja namun mempunyai tempat wisata alam yang patut untuk anda ketahui.

Berikut merupakan 6 wisata alam di Kulon Progo yang sering di kunjungi:

1. Wisata Alam Kalibiru

Wisata alam Kalibiru, wisata indah jogja
Wisata alam Kalibiru

Wisata alam Kalibiru ini terletak Desa Hargowilis Kabupaten Kulon Progo. Di tempat wisata alam ini, anda dapat menikmati betapa indahnya salah satu baian dari Indonesia. Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian. Dengan naik di atas papan kayu, anda dapat melihat indahnya Bukit Menoreh dan Waduk Sermo. 

Untuk menuju wisata ini, saran saya memakai kendaraan pribadi untuk lebih praktisnya. Sebab, disamping jalannya yang naik turun. Intensitas kendaraan umum juga kurang banyak.
Jika anda dari Yogyakarta, anda bisa naik kereta api dari Stasiun Kereta Api Lempuyangan menuju Stasiun Kereta Api Wates selanjutnya anda naik ojek menuju wisata alam Kalibiru. Begitu pula dengan bus. Anda naik bus dari Terminal Giwangan menuju Terminal Wates selanjutnya naik ojek.

Jika anda pergi ke sana akan dikenakan biaya parkir Rp 2000 untuk sepeda kemudian anda melanjutkan perjalanan ke atas untuk menuju spot terbaik dengan membayar Rp 5000. Dan fasilitas yang ada di sana antara lain warung makan, flying fox, jembatan tali, dan foto dipuncak pohon.

2. Puncak Suroloyo 
Tempat wisata di yogyakarta, Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo
 
Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi di daerah Kulon Progo. Puncak Suroloyo mempunyai ketinggian 1017 mdpl yang terletak di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo. Jika anda dari Yogyakarta akan menempuh perjalanan 45 Km.
 
Hal yang bisa dilakukan disana adalah anda dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Anda bisa melihat matahari terbit di ufuk timur pada pukul 05.00 WIB jika kondisi langit dengan kondisi yang bagus. Di puncak ini anda akan melihat empat gunung yang menghiasi langit yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro.
 
Untuk menuju ke Puncak Suroloyo, anda harus membayar parkir kendaraan terlebih dahulu. Jika anda membawa motor/mobil roda empat dikenakan biaya parkir Rp 3.000,- sedangkan untuk bus Rp 5.000,-. Setelah itu anda harus membayar tiket masuk Rp 3.000,-/orang. Biaya yang dikeluarkan menuju Puncak Suroloyo memang murah tetapi kesempatan melihat keindahan dari puncak itu hasilnya.
 
3. Goa Kiskendo
 
Goa Kiskendo Kulon Progo
Goa Kiskendo Kulon Progo
Masih di kawasan pegunungan Menoreh, terdapat goa alami yang bernama Goa Kiskendo. Goa yang terletak di Dusun Sokamoyo, Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo ini mempunyai panjang 600 meter. Rute sepanjang itulah yang dapat kita lalui dengan aman. Di goa itu masih terbentuk stalaktit dan stalakmit secara alami.
 
Hal yang dapat dilakukan di sana adalah anda dapat menikmati keindahan bawah tanah yang terbentuk secara alami. Anda juga dapat melihat relief di mulut goa tentang legenda pertempuran Mahesosuro-Lembusuro melawan Sugriwo-Subali. 
Di sekitar goa terdapat tempat berkemah dengan fasilitas joglo, toilet, dll dan terdapat goa lain yang bernama Goa Samitro.Untuk masuk ke Goa Kiskendo, anda cukup dikenakan tarif sebesar Rp 3.000,-/orang.
 
4. Pantai Glagah
 
Pantai Glagah, Pantai di Yogyakarta
Pantai Glagah
Kulon Progo merupakan daerah di pesisir selatan Pulau Jawa. Kulon Progo mempunyai pantai yang dapat dinikmati keindahannya dan juga dimanfaatkan untuk tempat berbagai kegiatan. Pantai ini terletak di Kecamatan Temon, Ujung Kulon. Jika anda dari Wates, anda akan menempuh jarak 10 Km untuk menuju ke pantai ini.
Hal yang dapat dilakukan di pantai ini adalah menikmati keindahan pantai dengan hamparan pasir hitam sekaligus berlaguna. Selain itu, Pantai Glagah juga dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang menjadikan pantai ini selalu ramai. Adapun kegiatan yang biasa dilakukan di pantai ini adalah festival layang-layang, pesta kembang api, motocross, memancing dan lain sebagainnya.
Bagi anda yang ingin bermalam di pantai ini tidak perlu khawatir. Di sekitar pantai terdapat banyak penginapan. Harganya pun bervariatif tergantung fasilitas dan lamanya anda bermalam. Untuk tiket masuk ke Pantai Glagah ini tidak terlalu mahal. Anda hanya mengeluarkan Rp 4.000,-/orang untuk masuk ke pantai ini. Jika anda membawa motor/mobil roda empat dikenakan biaya parkir Rp 3.000,- sedangkan untuk bus Rp 5.000,-.
 
5. Pantai Congot
 
Pantai Congot
Pantai Congot
Di sebelah barat Pantai Glagah terdapat pantai yang mempunyai pasir hitam juga seperti Pantai Glagah. Pantai itu bernama Pantai Congot. Pantai Congot terletak di Desa Jangkaran Kecamatan Temon yang dapat kita tempuh sejauh 15 Km dari Wates.
Pantai Congot digunakan untuk mendaratkan perahu nelayan. Penduduk sekitar mayoritas sebagai nelayan. Jika anda mempunyai hobi mancing, tidak salah bila anda mengunjungi Pantai Congot ini. Tiket masuknya pun sangat terjangkau. Dengan Rp 4.000/orang anda dapat menikmati Pantai Congot.
 
6. Waduk Sermo
 
Waduk Sermo, Wisata indah di jogja
Waduk Sermo
Satu-satunya waduk yang ada di DI Yogyakarta adalah Waduk Sermo. Waduk ini terletak di Hargowilis, dekat dengan wisata alam Banyubiru. Waduk Sermo merupakan waduk yang dapat kita lihat di wasata alam Banyubiru. Waduk ini berlatar belakang hutan dan dikelilingi Bukit Menoreh yang sangat indah. Inilah waduk kebanggaan DI Yogyakarta yang terletak di Kulon Progo.
Hal yang dapat dilakukan di sana adalah menikmati keindahan alam Waduk sermo, berwisata keliling waduk menggunakan perahu, memancing ikan, melihat lomba olahraga di air seperti lomba balap perahu maupun cano. Dan untuk masuk ke objek wisata, anda hanya dikenakan tarif Rp 3.000 saja untuk setiap orangnya.

Demikian tentang 6 wisata alam di Kulon Progo yang sering di kunjungi. Semoga menjadi referensi liburan anda. Selamat berlibur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 wisata alam di Kulon Progo yang sering di kunjungi"

Post a Comment