Sumber Maron Malang, Tempat Menikmati Sumber Air yang Melimpah


Sumber Maron Malang, Tempat Menikmati Sumber Air yang Melimpah - Sumber Maron merupakan sumber mata air yang terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kab. Malang.  Sebelum dijadikan tempat wisata, sumber air ini digunakan oleh masyarakat sekitar untuk budidaya kangkung. Selain budidaya kangkung, sumber air biasa digunakan petani untuk mandi maupun beristirahat sejenak menghilangkan rasa penat setelah seharian bekerja di sawah. Pemandangan yang indah dan hijau membuat siapa saja yang berkunjung akan  terpikat. Tak hanya itu, adanya air terjun dengan ketinggian 6 meter ini juga menjadi daya tarik wisatawan. Air terjun unik ini mempunyai kemiringan 60 derajat. Keunikan dari air terjun ini ialah air berasal dari sumber air yang melimpah. Wisatawan bisa naik di air terjun mengingat bentuk yang mudah dijangkau oleh wisatawan.

sumber maron malang
Air Terjun di Sumber Maron
via https://www.instagram.com/p/BItyM1OBgFh/
 Selain keindahan alam dan air terjunnya, kawasan Sumber Maron juga terdapat pembangkit listrik. Mengingat melimpahnya sumber air, oleh karena itu dibuatlah Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Pembangkit listrik itu sudah digunakan oleh empat desa sekitar. Nah, bagi wisatawan wisatawan yang berminat bisa berwisata sambil belajar mengenai pembangkit listrik di sana. Tempat wisata Sumber Maron buka dari pukul 07.00 WIB - 18.00 WIB.


Harga Tiket Masuk Sumber Maron Malang 2016

Untuk menikmati kesegaran dan indahnya Sumber Maron, wisatawan akan dikenakan tarif sebagai berikut  
Tiket masuk : Rp 1.000,-/orang
Parkir motor : Rp 2.000,-/kendaraan
Parkir mobil : Rp 5.000,-/kendaraan
Sewa ban Rp 3.000,- sampai Rp 7.000,- tergantung ukuran
Penitipan barang : Rp 3.000,-/loker

Apa yang bisa dilakukan di Sumber Maron Malang?

Setelah wisatawan membeli tiket masuk, wisatawan dapat menuju ke lokasi dengan berjalan kaki. Di sana ada beberapa aktifitas yang dapat anda lakukan. Aktifitas pertama tidak lain dan tidak bukan adalah bermain air di air terjun. Bermain air di air terjun sangat menyenangkan karena bentuk air terjun yang untuk dan anda bisa langsung merasakan kesegaran airnya. Aktifitas yang kedua yaitu anda menikmati keindahan alam yang hijau. Di sana akan terlihat hamparan sawah dan aliran sungai jernih nan segar. Jika anda tidak ingin basah-basahan, aktifitas yang kedua ini cocok untuk anda.

sumber maron malang
IndahnyaSuasana Pedesaan
via https://www.instagram.com/p/BDuM8NRrzmk/
Aktifitas ketiga yan dapat anda coba yaitu melakukan sisir sungai menggunakan ban pelampung. aktifitas ini sangat asyik jika dilakukan bersama-sama kerabat ataupun keluarga. Anda bisa baris dan merelakskan diri menikmati aliran air sungai. Dan yang tak boleh ketinggalan adalah jangan lupa mendokumentasikan kegiatan liburan anda di Sumber Maron. Banyak wisatawan lainnya yang foto di dalam air menggunakan action cam. 
sumber maron malang
Seru-seruan bersama teman-teman
via https://www.instagram.com/p/BEUxdeXMP7p/

Rute Menuju Sumber Maron Malang

Tempat yang pertama kali anda tuju jika ingin ke Sumber Maron adalah Stadion Kanjuruhan Malang. Dari stadion itu, lanjutkan berkendara sejauh 3 KM arah Gondanglegi (arah timur). Setelah tiba di Masjid Jami Darussalam yang berada sebelah kiri jalan lurus terus hingga menjumpai petunjuk arah ke Sumber Maron yang ada di kanan jalan. Ikuti petunjuknya dengan lewat jalan kecil hingga sampai ke Sumber Maron. Untuk lokasi Sumber Maron dapat di lihat di sini.

Tips Berwisata ke Sumber Maron Malang

Saat ingin berwisata ke sana, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Untuk kendaraan umum seperti angkot tidak bisa akses sampai lokasi. Jangan lupa membawa pakaian ganti, siapa tau anda ingin berenang atau sekedar bermain air. dan yang terakhir adalah jangan membuang sampah sembarangan. Mari kita jaga kealamian tempat wisata agar anak cucu kita bisa merasakan hal serupa. 

Demikianlah informasi mengenai Sumber Maron Malang, Tempat Menikmati Sumber Air yang Melimpah. Semoga dapat menjadi referensi anda memilih tempat wisata di daerah Malang. Selamat berlibur. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumber Maron Malang, Tempat Menikmati Sumber Air yang Melimpah"

Post a Comment