Wana Wisata Coban Rondo Malang

Wana Wisata Coban Rondo Malang merupakan wisata alam yang kompleks di Malang. Wana Wisata Coban Rondo terdiri beberapa zona seperti satwa & kebun, griya(penginapan), bumi perkemahan,  aktivitas outdoor, dan tentunya air terjun yang tersohor di Malang.

Berbicara mengenai air terjun nih. Air terjun Coban Rondo adalah air terjun yang mempunyai ketinggian 84 meter dan sekaligus menjadi air terjun ternama di Malang. Ini dikarenakan keindahan air terjun juga akses yang dapat ditempuh oleh berbagai kendaraan.
Dibalik keindahan Air Terjun Coban Rondo, terdapat cerita dimana zaman dahulu terdapat sepasang pengantin yang melangsungkan pernikahan. Nama pengantin tersebut adalah Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmoro menikah dengan Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi. Suatu saat Dewi Anjarwati mengajak Raden Baron Kusuma berkunjung ke Gunung Anjasmoro namun dilarang oleh orang tuanya mengingat usia pernikahannya baru 36 hari. Dewi Anjarwati akhisnya tetap ingin berangkat. Alhasil ditengah perjalanan ada seorang yang bernama Joko Lelono yang tidak jelas asal mulanya dari mana. Joko Lelono nampak tertarik akan kecantikan Dewi Anjarwati oleh karena itu Joko Lelono ingin merebut Dewi Anjarwati. Tak lama kemudian terjadilah perkelahian antara Joko Lelono dengan Raden Baron Kusuma. Saat perkelahian, raden Baron Kusuma memerintahkan punokawan atau pengiringnya untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati di daerah yang terdapat air terjunnya atau coban. Setelah itu, akhirnya kedua lelaki tersebut meninggal saat perkelahian. dan saat itu status Dewi Anjarwati menjadi janda atau dalam bahasa jawa berarti rondo. Oleh karena itu tempat tersebut di sebut dengan Coban Rondo. Mengharukan ya kisahnya. Sekarang giliran kita yang berjuang untuk melestarikan dan menjaga wisata di Indonesia agar anak cucu kita dapat mengetahuinya.

Berbicara tempat wisata, pasti tidak lepas dengan yang namanya tiket masuk. Berapa sih harga tiket masuk ke wisata Coban Rondo ini ? Langsung saja, berikut kami sajikan daftar harga tiket masuk ke tempat wisata Coban Rondo pada tahun 2016 ini.

Harga tiket masuk ke wana wisata Coban Rondo
Tiket masuk / orang
  • Wisatawan Lokal : Rp 15.000,-
  • Wisatawan Mancanegara : Rp 25.000,-

Apa yang bisa dilakukan di Wana Wisata Coban Rondo ?
coban rondo
Pesona Air Terjun Coban Rondo
Via https://www.instagram.com/p/BIjv2bMjGTL/
Coban Rondo terkenal dengan kesejukan lingkungannya. Selain letaknnya di daerah pegunungan, kawasan Coban Rondo dipenuhi pohon-pohon pinus yang rindang serta cemara gunung yang mempercantik suasana. Pada umumnya, wisatawan yang berkunjung ke sana akan mengunjungi air terjun dan labirin. Di air terjun, wisatawan bisa menikmati kesejukan airnya dengan cara berdiri dibawah air terjun. Namun, yang perlu diperhatikan adalah apabila kondisi di air terjun sedang hujan atau debit air yang tinggi. Jika itu terjadi biasanya wisatawan dilarang masuk ke air terjun demi keamanan dan keselamatan bersama. Jika musim hujan, air nya keruh dan bisa membahayakan orang disekitar jika sampai mengalami banjir bandang. Namun, wisatawan tak perlu khawatir. Di sana, akan ada petugas yang mengawasi wisatawan. Terkadang jika ada pengunjung yang melanggar aturan seperti main di bawah air terjun saat kondisi buruk, akan di ingatkan dan disuruh menjauh dari air terjun. 

Jika menikmati keindahaannya saja, nampaknya belum lengkap. anak-anak kekinian biasanya mengabadikan momen indah saat berada di air terjun tersohor di Malang ini. Biasaya sih alat yang harus ada ditangan yaitu kamera/smartphone, tongsis maupun lensa kamera. Jika anda beruntung, di air terjunnya sering ada penampakan pelangi loh. Jadi kebayang kan indahnya air terjun yang tinggi diselimuti oleh pelangi.

Selain di Air Terjun, biasaya wisatawan juga menyempatkan untuk berkunjung ke labirin Coban Rondo. Labirinnya masih satu kawasan wana wisata Coban Rondo dan aksesnya sangat mudah. Jika anda akan masuk ke taman labirin, akan dikenakan biaya tambahan untuk tiket masuknya. Harga tiket masuk labirin yaitu Rp. 10.000 / orangnya. 
labirin coban rondo
Labirin Coban Rondo
via https://www.instagram.com/p/BItt2kpD5xV/
Di taman labirin, wisatawan dapat melakukan petak umpet, menemukan jalan keluar dan tentunya mengabadikan momen indah di sana. Banyak nih muda-mudi zaman sekarang yang mengabadikan keindahan taman labirin beserta kegembiraannya bersama teman-teman.
Serunya bermain di labirin
via https://www.instagram.com/p/BIgj0vhAjBC/

Selain kedua aktivitas diatas, wisatawan juga bisa menikmati wahana lain seperti
Wisata toga : Rp 5.000
Memberi makan rusa : Rp 5.000,-
Shooting Target : Rp 10.000,-
Api Unggun : Rp 200.000,-
Treewalk : Rp 50.000,-
Bersepeda : Rp 5.000,-
Fun Tubing : Rp 35.000,-
Segway : 30.000,-
Flying Fox : 30.000,-


Setelah anda puas penikmati di area wana wisata Coban Rondo, tak ada salahnya apabila punya waktu luang untuk berfoto. Yaa, foto kali ini berada di cafe letaknya itu di dalam hutan pinus. 
cafe daun coklat coban rondo
Lihat tuh, bagus kan pemandangannya.
via https://www.instagram.com/p/BIoc_OEh63J/
Nama cafe tersebut adalah Cafe Daun Coklat. Daun Coklat letaknya didekat kawasan wana wisata Coban Di sana wisatawan bisa mampir menikmati kuliner, pemandangan alam, sejuknya udara Malang, dan pastinya bisa selfie dengan pemandangan yang bagus loh.


Akses Menuju Wana Wisata Coban Rondo Malang
Seperti yang sudah dibahas diawal, ke Coban Rondo bisa diakses oleh berbagai kendaraan. Kendaraan yang dimaksud adalah dari kendaraan roda dua hingga bus besar bisa masuk hingga dekat dengan air terjunnya. Untuk menuju ke sana paling enak menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menggunakan kendaraan pribadi akan lebih leluasa berwisata dan praktis. Rute yang ditempuh jika anda dari daerah Kota Surabaya menggunakan mobil sekitar 3 jam perjalanan. Klik di sini untuk melihat rute.

Jika menggunakan kendaraan umum, rute yang harus anda lalui adalah sebagai berikut

  • Naik bus dari Bungurasih menuju Terminal Arjosari Malang
  • Sampai di Arjosari, naik angkot AL/ADL yang menuju ke terminal Landungsari
  • Sampai Landungsari, anda naik bus Puspa Indah (bus mini warna biru) tujuan Jombang.
  • Bilang ke kernet untuk turun di pertigaan sapi (soalnya itu gerbang menuju Coban Rondo)
  • Setelah itu anda harus masuk ke dalam sampai menemukan loket masuk bisa menggunakan ojek.
Tips Berwisata ke Wana Wisata Coban Rondo Malang
Kami berikan beberapa tips untuk anda jika ingin mengunjungi Wana Wisata Coban Rondo. Tipsnya adalah sebagai berikut

  • Karena suhu udara yang dingin, sebaiknya menggunakan pakaian tebal/jaket terutama pada sore hari
  • Agar bisa leluasa berwisata, sebaiknya datang pada musim liburan/saat tidak musim hujan
  • Untuk efisiensi, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi.
Sekian bahasan tentang Wana Wisata Coban Rondo Malang. Menarik dikunjungi bukan? Ada sejarahnya, ada keindahan air terjunnya, ada juga permainan-permainan seru, ada juga pemandangan pohon pinus yang indah, dan kesejukan suasana di sana. Selamat berlibur, jangan lupa bahagia. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wana Wisata Coban Rondo Malang"

Post a Comment