Alun-alun Kota Batu, tempat singgah yang indah

Alun-alun Kota Batu - Jika anda sedang berwisata ke Kota Batu, kurang afdol rasanya bila tidak berkunjung di alun-alunnya. Mengapa demikian ? Alun-alun kota Batu merupakan pusat kota yang diapit oleh banyak tempat wisata. Jadi, apabila anda berada di tempat wisata seperti Jawa Timur Park 1, Jawa Timur Park 2, Museum Angkut, Selecta, Songgoriti, BNS, dan lain sebagainnya itu sangat dekat dengan alun-alun. Oleh karena itu tak ada salahnya jika anda bersinggah di alun-alun yang indah itu. Anda bisa bersinggah sejenak sehabis berwisata dan menikmati pemandangan Kota Batu. 
alun alun kota batu
alun alun kota Batu tampak atas.
via https://www.instagram.com/p/BHkPm68ji6s/
Biasanya, alun-alun ini ramai pada weekend waktu sore hingga malam hari. Saat itulah matahari tidak memancarkan sinar yang berlebihan sehingga nampak lebih sejuk. Selain itu, adanya banyak wahana bermain, tempat nongkrong dan penjual makanan juga menjadi penyebab ramainya pengunjung alun-alun. Keunikan dari alun-alun Kota Batu adalah adanya bianglala atau ferris wheel. Ini menjadi daya tarik wisatawan juga karena bianglala ini mempunyai ukuran cukup besar yang bisa dilihat dari kejauan. 
Harga tiket masuk ke alun-alun Kota Batu

Untuk berkunjung ke sana anda tidak dikenakan biaya masuk alias GRATIS, hanya membayar parkir kendaraannya saja. Biaya parkir motor Rp 2.000,- sedangkan Biaya Parkir mobil Rp 5.000,-. 
Apa yang bisa di lakukan di alun-alun Kota Batu ?
Saat berkunjung di alun-alun Kota Batu, pengunjung bisa menikmati pemandangan serta sejuknya Kota Batu. Dari alun-alun, akan terlihat pemandangan berupa gunung, lalu intas kota, dan para pedagang makanan yang banyak berada di sisi sebelah barat alun-alun. Wisatawan dapat menikamti itu semua dengan duduk-duduk di tempat duduk yang disediakan seperti tempat duduk yang berada pada sisi air mancur, dan tempat duduk lainnya yang tersebat di area alun-alun.
Wisatawan bisa mengajak si kecil ke sana untuk bermain-main wahana. Banyak sekali wahana bermain yang cocok untuk anak-anak seperti becak-becakan, kuda-kudaan, arena bermain seluncuran, arena bermain air mancur yang akan keluar dari berbagai macam lubang dan sebagainnya. Selain itu wisatawan dapat menaiki wahana bernama bianglala. Bianglala dapat dinaiki  yang dapat dinaiki oleh segala usia. kecuali untuk anak dibawah usia 5 tahun, harus ada orang tua yang mendampingi. Dan yang penting adalah tiket masuk bianglala dibanderol murah yaitu Rp 3.000,- per orangnya.
alun-alun batu
Bianglala, icon alun-alun Batu
via https://www.instagram.com/p/BHXhc9ehkfn/
Selain untuk menikmati pemandangan alam dan wahana bermainnya, di alun-alun juga cocok dikunakan untuk wisata kuliner. Berbagai macam kuliner seperti es krim pot, cilok, sempol, susu murni, hingga kuliner yang sedang diburu oleh anak muda untuk nongkrong yaitu pos ketan legenda. Pos ketan legenda ini jagonya ketan di sana. Rasa yang enak dan harga yang murah membuat panjang antrian pengunjung di sana. Pos ketan legenda mempunyai banyak variasi menu. Menu andalan yang banyak diminati orang yaitu ketan durian susu.
Antrian di Pos Ketan Legenda alun-alun Batu
via https://www.instagram.com/p/BGLs-zuDHE9/
Untuk fasilitas yang disediakan oleh alun-alun sudah lengkap kok. Adapaun fasilitas yang ada di alun-alun seperti tempat informasi yang unik berbentuk buah stroberi, toilet yang berbentuk buah apel, tempat duduk, arena bermain, wifi gratis, dan masjid yang berada di sebelah utara alun-alun.


Rute menuju alun-alun Kota Batu
Alun-alun Kota Batu terletak di Jalan Agus Salim, Sisir, Batu, Kec. Batu, Jawa Timur. menuju Alun-Akses menuju alun kota Batu cukup mudah. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Di sana tersedia parkir mobil, sepeda motor dan bus yang berada disebelah utara alun-alun. Jika anda membutuhkan bantuan petunjuk arah lebih detail, silahkan gunakan Google Maps dengan tujuan ke sini.

Apabila anda ingin menggunakan kendaraan umum baik kereta api atau bus langsung menuju terminal Landungsari dengan naik angkot ADL/AL. Selanjutnya dari Termial Landungsari naik angkot BL (warna ungu muda)/BTL (warna ungu tua)/BJL (warna kuning muda) dan mnta turun di alun-alun Kota Batu.

Tips berwisata ke alun-alun Kota Batu
  • Jika anda membawa buah hati, harap dijaga dan diawasi pergerakannya. Jangan sampai terjatuh, atapun terjadi hal yang tidak diinginkan karena kurangnya pengawasan.
  • Untuk kenyamanan pengunjung, harap membuang sampah pada tempat yang disediakan.
Sekian informasi tentang Alun-alun Kota Batu, tempat singgah yang indah. Tetap hati-hati saat berwisata dan jangan lupa utamakan kebersihan lingkungan. Jika artikel ini menarik, silahkan share ke sosial media anda dengan bantuan tombol dibawah ini. Selamat berlibur, dan jangan lupa bahagia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alun-alun Kota Batu, tempat singgah yang indah"

Post a Comment