Empat Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat

Empat Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat - Pemandian air panas merupakan alternatif wisata yang murah juga menyehatkan.Pasalnya,  pemandian air panas pada umumnya mempunyai mata sumber air panas alami yang keluarnya dari tanah kerak bumi yang dipanaskan secara goethermal sehingga air panas mengandung mengandung unsur-unsur yang berguna untuk tubuh manusia. Nah, kandungan yang memiliki kadar mineral tinggi dapat memperlancar peredaran darah sehingga tubuh akan kembali segar. 

Manfaat lain saat berendam di air panas yaitu dipercayai dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tak heran bahwa wisata murah meriah itu diminati oleh banyak pengunjung khususnya orang tua. Untuk orang yang bertempat tinggal di sekitar Jawa Barat, saya akan memberikan informasi Empat Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat

Pemandian Air Panas Ciater
Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas ini cukup terkenal di Jawa Barat. Pemandian ini terletak di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sumber air panas di Ciater ini mempunyai suhu sekitar 43-46 derajat celcius yang mengandung kalsium, magnesium, klorida, mineral, hypertherma, dan sulfat sehingga banyak yang beranggapan bahwa di pemandian air panas ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit khususnya kulit.

Tiket masuk ke Ciater sebesar Rp 15.000 dan untuk berendam ke kolam anda harus membayar lagi mulai Rp 20.000 tergantung kolamnya. Ketika berada di sana, anda disuguhkan kebun teh hijau yang terhampar berwarna hijau dimana mata kita akan dimanjakan dengan hijaunya kebun teh  dan panasnya air di pemandian. Setelah mandi, Anda dapat jalan-jalan di sekitar kebun teh dan membawa oleh-oleh berupa nanas simadu yang dapat anda beli di tepi jalan menuju pemandian air panas ini. Jika tidak tahan dengan dinginnya hawa di Ciater, sebaiknya anda membawa jaket.

2.    Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian air panas Gunung Pancar terletak di satu kawasan wana wisata hutan lindung pinus yang berada di daerah Babakan Madang Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.  Untuk menuju ke pemandian air panas Gunung Pancar sekitar 45 menit dari Sentul.

Pemandian air panas Gunung Pancar mempunyai sumber mata air panas dari Gunung Pancar sendiri. Saat berada di sana, anda akan disuguhi 3 tipe kolam yaitu kolam untuk keluarga, umum, dan kolam 3 rasa yang mempunyai tingkat panas lebih tinggi. Apabila anda menginginkan tempat pribadi mungkin untuk keluarga, pasangan maupun kerabat, anda bisa menyewa tempat khusus di mana anda akan merasakan suasana kekeluargaan yang nyaman.
 
Untuk masuk ke pemandian air panas Gunung Pancar, anda harus membayar tiket masuk ke kawasan hutang lindung pinus Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk wisatawan mancanegara.
Selanjutnya, jika beredam di air panas harus membayar tiket masuk Rp 10.000 dan untuk sewa tempat berendam pribadi Rp 25.000 per orang atau Rp 100 per keluarga dengan durasi satu jam.

Wisata Air Panas Ciparay
Wisata Air Panas Ciparay

Masih di Kabupaten Bogor, terdapat wisata air panas yang bernama Ciparay. Sesuai namanya, pemandiaan ini terletak di Desa Ciparay, Kec Pamijahan, Gunung Salak Endah, Bogor. Di sekitar kolam terdapat pemandangan yang hijau serta udara yang sejuk. Dan untuk menuju ke sana, anda harus menyiapkan fisik terlebih dahulu pasalnya akan menuruni 400 anak tangga yang mengakibatkan anda kelelahan. Saran saya, anda bawa air mineral untuk mengisi cairan dalam tubuh yang berkurang akibat menuruni anak tangga dan membawa jaket.

Untuk masuk ke pemandian air panas, anda dikenakan biaya Rp 4.000. Di sana terdapat beberapa pancuran air panas yang dapat anda gunakan. Selain itu anda bisa rilaksasi menikmati panasnya air dan kesejukan akibat aliran air dari Sungai Cikuluwung disekitar pemandian.   

4.    Wisata Air Panas Tirta Sanita

Wisata Air Panas Tirta Sanita
Wisata Air Panas Tirta Sanita

Wisata Air Panas Tirta Sanita terletak di Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor. Sumber air panas berasal dari gunung kapur yang mempunyai kandungan garam dan belerang alami. Kandungan tersebut dapat memperlancar peredaran darah dan dapat mengobati penyakit kulit dan tulang.

Saat beredam di sana, anda dapat menikmati pemandangan secara luas mengingat letak pemandian berada pada gunung kapur. Di sekitar pemandian akan terasa hawa yang sejuk. Di sana anda bisa melihat batu besar yang terbentuk oleh belerang.
Untuk menikmati pemandian di Wisata Air Panas Tirta Sanita, anda harus membeli tiket masuk sebesar Rp 8.000 untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak. Untuk menikmati kamar mandi hangat anda harus membayar Rp 10.000 per 15-20 menit. Ketika ingin beredam di kolam rendam anda harus membayar lagi Rp 5.000 per orang. 
Demikian tentang Empat Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat.





 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Empat Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat"

Post a Comment