Museum Angkut, Museum Transportasi Unik di Kota Batu, Malang

Museum Angkut merupakan wisata yang tergolong baru di daerah Batu, Malang, Jawa Timur. Museum Angkut dikonsep menjadi sebuah tempat wisata yang unik dan pertama di Indonesia. Keunikan tempat wisata ini karena adanya pameran transportasi modern yang dipadukan dengan seni dan budaya. Selain sebagai pameran transportasi, di Museum Angkut mempunyai konsep edukasi dan entertainment yang dapat dilihat secara langsung oleh pengunjung. 

Museum angkut
Museum Angkut
via https://www.instagram.com/p/BI9Dn70Bx6H/
Keunikan dari Museum Angkut lainnya adalah adanya suasana luar negeri. Itu merupakan pemandangan yang asing di Indonesia karena terdapat pemandangan dan bangunan menyerupai bangunan yang ada di berbagai negara Eropa sampai Amerika, seperti Istana Buckingham, Gangstar Town dan sebagainnya. Wah seru banget pastinya.
Oleh karena itu, tidak perlu jauh-jauh dan menghabiskan banyak uang untuk mencari tempat foto bagus. Cukup di Museum Angkut, anda akan mendapatkan hal unik yang belum ada tahu sebelumnya.

Harga Tiket Masuk ke Museum Angkut 2016
Museum Angkut buka setiap hari mulai pukul 12.00 - 20.00 WIB. Tapi mahal gak ya ?
Nah, daripada anda bingung dibawah ini merupakan daftar tiket masuk ke Museum Angkut

Jika anda hanya ingin mengunjungi Museum Angkut saja, pilihan tiketnya yaitu tiket reguler
Tiket Reguler
Weekday (Senin-Kamis) Rp 60.000,-
Weekend (Jum'at-Minggu, tanggal merah, high season) Rp 80.000,-

Jika anda menginginkan mengunjungi tempat wisata lainnya (tiket paketan) ada tiket yang bernama Tiket Sakti. Tiket Sakti ini berlaku 2 hari dan  dapat digunakan untuk masuk ke 8 wisata seperti Jatimpark 1, Jatimpark 2 (Batu Secret Zoo + Museum Satwa), Eco Green Park, BNS, Museum Angkut, Museum Tubuh, dan Predator Fun Park.
Harga Tiket Sakti Rp 300.000,- (all day)

Jika anda menginginkan mengunjungi banyak tempat wisata dengan waktu yang lebih lama ada tiket yang bernama Tiket Super Sakti. Tiket Super Sakti ini berlaku 3 hari dan  dapat digunakan untuk masuk ke 8 wisata seperti Jatimpark 1, Jatimpark 2 (Batu Secret Zoo + Museum Satwa), Eco Green Park, BNS, Museum Angkut, Museum Tubuh, dan Predator Fun Park.
Harga Tiket Super Sakti Rp 400.000,- (all day)
Keterangan :
  1. Anak-anak dengan tinggi badan diatas 85 cm dikenakan tiket penuh (dibawah 85 cm gratis)
  2. Semua jenis kamera (DSLR,Polaroid, Handycam, dsb) kecuali handphone akan dikenakan biaya tiket kamera sebesar Rp 30.000,- 
  3. Untuk rombongan dengan pembelian 30 tiket, gratis 1 tiket dan berlaku kelipatan.
Apa yang bisa dilakukan di Museum Angkut ?

Di Museum Angkut anda dapat melakukan fotografi mengingat tempatnya yang unik. selain itu Museum Angkut digunakan untuk gathering, maupun tempat shooting, pertunjukan musik dsb.
Untuk menikmati Museum Angkut, anda harus jalan kaki melewati zona-zona yang ada. 

Melewati zona-zona di Museum Angkut.
  • Hall Utama 
 Setelah anda membeli tiket masuk, Hall Utama ini akan menyambut kedatangan pertama kalinya anda masuk Museum Angkut. Hall Utama menyuguhkan  berbagai jenis mobil ataupun kendaraan dari berbagai negara. Kendaraan tersebut sangat bervariasi dan sudah berumur lama juga seperti Helikopter Ir Soekarno yang ada di sana. Meskipun umur kendaraan sudah tua, kendaraan terlihat mengkilat karena memang benar-benar dirawat.
  • Gangster Town & Broadway  Street 
Di zona ini anda akan melihat gangster terkenal ditahun 1970an. Suasana dan model angkutan ada di Broadway Street.
Gangster Town & Broadway  Street
Seru-seruan di Gangster Town & Broadway  Street
via https://www.instagram.com/p/BI4roepjDtd/
  • Zona Eropa
Zona ini menghadirkan suasana layaknya kita berada di kota terkenal di Eropa. Disana akan terlihat suasana kota, kendaraan seperti berada di Italia, Jerman, london, dan Perancis.
  • Zona Edukasi
Sesuai dengan tujuan tempat wisata Jawa Timur Park Group yang mengininkan wisatanya berbasis edukasi. Di zona edukasi Museum Angkut, anda akan mendapatkan berbagai informasi mengenai sejarah angkutan dari masa ke masa yang dikemas sangat menarik.
  • Zona Sunda Kelapa dan Batavia
Saat mesuk zona ini, seolah-olah kita dihadirkan di suasana Jakarta tempo dulu yang menjadi pelabuhan terkenal di zaman Belanda.
china museum angkut
Hayo ini di mana ? Museum Angkut lah
via https://www.instagram.com/p/BI41vRPAuxK/
  • Zona Istana Buckingham
Di zona ini anda akan menemukan jenis angkutan mewah yang berasal dari Inggris. Ada juga mobil mewah LandRover yang dulu pernah digunakan oleh Queen Elizabeth saat parade di Australia. Selain itu anda akan melihat gedung putih nan megah bernama Istana Buckingham.
  • Zona Las Vegas
 Zona ini akan menyuguhkan suasana di Amerika. Anda akan masuk ke gerbang Las Vegas yang menghiasi malam.
  • Zona Hollywood
Suka film Hollywood ? di zona ini anda akan tau kendaraan-kendaraan yang sering digunakan dalam film Hollywood. Bukan cuma kendaraan saja, suasananya pun anda akan dibawa ke Hollywood.
  • Zona Pasar Apung
Akhir perjalanan anda di Museum Angkut setelah melewati zona ini. Di Zona ini banyak sekali berbagai kerajinan-kerajinan, makanan trandisional, dan sebagainnya. Anda bisa makan disana menikmati dengan susana apung di atas air dan bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Selama menikmati perjalanan, anda akan dihibur oleh banyak sekali pertunjukan yang dipersembahkan oleh Museum Angkut. Penasaran apa saja pertunjukkannya ? mari kita simak dibawah ini.

Pertunjukkan Museum Angkut
  • China Town & Batavia Show yang dapat anda lihat pada pukul 13.00 - 13.30 WIB
  • Welcome to Gangster Town pukul 14.00 WIB
  • Parade Museum Angkut + Movie Star Studio yang khusus dapat anda lihat hanya di weekend dan holiday season pada pukul 17.00 WIB
  • Three Element Show yang dapat anda lihat pada pukul 19.45 WIB

Akses Menuju Museum Angkut
Seperti di kampung ya
via https://www.instagram.com/p/BI4XfZpgN8W/
Jika sudah ada rencana ingin mengunjungi museum angkut, rute menuju ke Museum angkut sangat mudah kok. Lokasinya dekat dengan Jawa Timur Park 1 dan 2 tepatnya di Jalan Terusan Sultan Agung nomor 2, Batu, Malang. Jadi kendaraan seperti mobil, motor, bus pariwisata maupun maupun kendaraan umum.dapat menuju ke sana. Menggunakan kendaraan pribadi lebih praktis dan dapat tidak perlu khawatir tidak bisa pulang layaknya naik angkutan umum yang terbatasi oleh jam operasionalnya.
Tetapi, jika anda ingin menggunakan kendaraan umum anda harus memperhatikan jam berkunjung ke wisata. Kalau pulang jangan terlalu sore karena angkutan sudah ada yang tidak beroperasi.
 
Rute menggunakan kendaran umum
  • Jika anda dari Surabaya, naiklah bus umum untuk menuju ke Terminal Arjosari Malang
  • Dari terminal Arjosari Malang, naiklah angkot ADL/AL dengan tujuan Terminal Landungsari
  • Dari Landungsari, anda naik bus mini Puspa Indah/Widji jurusan Jombang, lalu turun di Museum angkut.

Tips berlibur ke Museum Angkut
Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat hendak berwisata ke Museum Angkut, antara lain
  • Siapkan fisik yang prima karena disana akan melakukan perjalanan.
  • Sebelum masuk ke tempat wisata, sebaignya anda mengisi perut dan minum karena dilarang membawa makanan dan minuman di dalam wisata.
  • Bawalah pakaian tebal, mengingat suhu saat sore hari di daerah Batu, dingin.
  • Jika ingin mengambil foto secara leluasa dan tidak mau terganggu akan banyaknya pengunjung yang lalu lalang, sebaiknya anda berwisata di weekday.
Bagaimana nih tentang Museum Angkutnya ? keren bukan? Jika anda mempunyai waktu luang, atang saja ke sana mengeksplore kota batu dan sekitarnya. Selamat berlibur


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Museum Angkut, Museum Transportasi Unik di Kota Batu, Malang"

Post a Comment