Mencari Kelezatan Onde-Onde Bo Liem Mojokerto

Saat berkunjung ke Mojokerto kurang lengkap rasanya kalau tidak membawa oleh-oleh khasnya. Mojokerto terkenal dengan makanan khasnya yaitu onde-onde. Perusahaan pembuat onde-onde yang paling terkenal di Mojokerto adalah Onde-Onde Bo Liem yang dirintis sejak tahun 1929. 

onde-onde bo liem mojokerto
onde-onde Bo Liem

Saat berada di Kota Mojokerto, saya browsing di Google tentang alamat onde-onde di Mojokerto. Nah, setelah browsing lalu saya mendapatkan alamatnya yaitu di Jalan Niaga No 21 Mojokerto. Setelah lama mencari alamat itu, akhirnya tiba juga di lokasi. Di tokonya terlihat papan nama Bo Liem perusahaan onde-onde dan keciput. Namun saya panggil penjualnya tidak muncul-muncul. Soalnya saya datang pada sore hari pukul 15.10 WIB. Akhirnya saya tanya ke warga sekitar soal toko onde-onde yang khas. Ternyata dari Jalan Niaga No 21, saya disuruh jalan ke arah timur (klenteng) lalu belok kiri menuju pasar. Di depan pasar terdapat toko Bo Liem juga. Tanpa membuang waktu, saya bergegas masuk ke toko besar itu dan bertanya "Onde-ondenya masih ada?" lalu penjualnya menjawab "sudah habis mas". Saya semakin heran dengan rasanya mengingat pada waktu itu persediaan onde-onde sudah habis.  

Pantang menyerah untuk mendapatkan onde-onde Bo Liem, usaha yang dapat saya lakukan adalah dengan bertanya ke warga sekitar dimana tempat jualan onde-onde Bo Liem lagi selain toko ini. Lalu saya di suruh untuk pergi ke Jalan Empu Nala No. 43 Mojokerto di sana saya menemui toko Bo Liem lagi. Tetapi namanya ada tambahan 'jr'. Hipotesis saya, toko ini milik anaknya Bo Liem yang melegenda itu. Di toko Bo Liem Jr di Jalan Empu Nala No. 43 Mojokerto itulah saya dapat memesan onde-onde khas Mojokerto.

Suasana toko Bo Liem Jr
Suasana toko Bo Liem Jr
Saat tiba di toko Bo Liem Jr, saya melihat ramainya orang yang antri memesan onde-onde. Saya juga tidak mau kalah untuk antri mendapatkan onde-onde itu. Saya memesan onde-onde 1 pak isi 10 onde-onde dengan rasa campur. Ada rasa kacang hijau, keju, cokelat. Harga satu  1 pak onde-onde Rp 40.000,-. Dapat dikalkulasi kalau harga setiap 1 buah onde-onde Rp 4.000,-.

Hal unik yang saya jumpai saat memesan onde-onde Bo liem Jr adalah saya dapat melihat langsung proses penggorengan di penggorengan raksasa. Proses penggorengan dilakukan di depan toko yang terlihat oleh pengunjung. Jadi waktu itu saya harus menunggu 20 menit untuk mendapatkan onde-onde yang sedang digoreng itu. Setelah matang, saya segera membayar ke kasir sebab waktu sudah larut malam. Dan onde-onde Bo Liem Jr dapat dinikmati kelezatannya di rumah. 

Demikian tentang Onde-Onde Bo Liem yang pernah saya kunjungi waktu lalu. Selamat berlibur dan semoga menyenangkan. Jangan lupa untuk membagikan info wisata ini ke sanak saudara, kerabat kerja dan orang disekeliling anda dengan membagikan di Google Plus, Facebook, Twitter di bawah ini. Terima kasih.  






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mencari Kelezatan Onde-Onde Bo Liem Mojokerto"

Post a Comment