Sumber Sira Malang, Sumber Air Alami yang Mempesona

Sumber Sira Malang, Sumber Air Alami yang Mempesona - Malang memang identik dengan wisata dan buah apelnya. Malang ternyata juga terkenal dengan sumber air alaminya juga. Banyak sumber mata air alami seperti Sumber Jenon, Mata Air Wendit, Sumber Air Krabyakan, Sumber Air Kalireco dan lain sebagainya. Nah, baru-baru ini sedang populer sumber air yang bernama Sumber Sira. Sumber Sira terletak di Desa Sumberjaya, Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Sumber Sira merupakan sumber air yang mempesona. Kenapa demikian? Sumber Sira ternyata mempunyai air yang sangat jernih dan didalamnya ada semacam rumput yang menyerupai ganggang. Rumput tersebut tumbuh dengan baik di dalam air. Oleh karena itu banyak wisatawan berfoto di dalam air untuk mendapatkan pemandangan yang mempesona. 

sumber sira malang
Berenang bersama ikan-ikan
via https://www.instagram.com/p/BI4R4wKAUtT/
Tak hanya rumput saja, dibawah air yang jernih terdapat aneka ikan-ikan kecil yang menemani wisatawan berenang. Kedalaman dari Sumber Sira mulai dari 80 cm hingga 1,5 meter. Kondisi yang dangkal tersebut dapat digunakan oleh segala usia asal tetap dalam pengawasan. Namun perlu diperhatikan juga saat berenang di dalam air. Karena rumput yang mudah patah saat diinjak, hati-hati jangan menginjak rumput dan terlalu sering menginjak tanah. Hal ini akan menyebabkan populasi tumbuhan dalam air berkurang dan air menjadi keruh.

Harga Tiket Masuk Sumber Sira Malang

Untuk menikmati pesona bawah air Sumber Sira, wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Tiket masuk yang diterapkan oleh pengelola wisata masih tergolong murah.

Tiket masuk : Rp 1.000,-
Parkir motor : Rp 2.000,-/kendaraan
Parkir mobil : Rp 5.000,-/kendaraan
Sewa ban pelampung : Rp 2.000,- hingga Rp 5.000,- tergantung ukuran
Kamar mandi : Rp 2.000,-

Apa yang Bisa Dilakukan di Sumber Sira Malang ?

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di sana adalah wisatawan dapat bermain air dengan cara berenang-renang maupun snorkling. Wisatawan dapat menyelam menikmati keindahan bawah airnya. Wisatawan dapat bermain dengan ikan-ikan kecil dan menikmati rumput nan hijau bagaikan karang di laut. Hal yang perlu diperhatikan sekali lagi bahwasanya rumput akan mudah patah sehingga wisatawan harus ekstra berhati-hati. Satu hal yang tak boleh terlewatkan jika menyelam di dalam air yaitu foto di dalam air. Aktifitas inilah yang sering dilakukan wisatawan lainnya saat berkunjung di Sumber Sira. Wisatawan bebas mengekspresikan dirinya sambil membawa properti seperti yang dilakukan oleh wisatawan ini. 

foto dibawah air sumber sirah
Siapa yang mau camping di bawah air ?
via https://www.instagram.com/p/BJUMLWhAgRD/
Selain bermain air, wisatawn dapat melakukan river tubing atau menjelajah sungai menggunakan ban pelampung yang dapat disewa di tempat. Wisatawan akan dibawa oleh arus air yang tenang kemudian diiringi dengan pemandangan ala pedesaan yang indah, alami, dan sejuk.

sumber sira malang
Pemandangan Sekitar Sumber Sira Malang
via https://www.instagram.com/p/BJMZ362DN2j/

Akses Menuju Sumber Sira Malang

Untuk menuju Sumber Sira dapat menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Hal ini dikarenakan tidak ada angkutan umum yang dapat menuju lokasi. Jika anda dari Kota Malang, lanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Bululawang. Untuk menuju ke Bululawang, dapat melalui jalan depan GOR Ken Arok. Setelah itu lanjut sampai ke pertigaan Pabrik Krebet Senggrong Bululawang lurus terus sampai menemukan 2 pertigaan. Pertigaan pertama anda lurus kemudian pertigaan keduua anda belok kanan. Setelah itu ikuti petunjuk menuji Sumber Sira. Untuk lebih detailnya, lokasi Sumber Sira dapat anda lihat di sini.
 

Tips Berwisata ke Sumber Sira Malang

  • Hati-hati jangan sampai menginjak rumput yang tumbuh di bawah air
  • Jika menginginkan suasana yang sepi dan dapat leluasa berfoto di bawah air, dapat datang pagi hari dihari kerja.
  • Hati-hati jalan menuju Sumber Sira licin saat hujan turun
  • Dilarang berbuat tidak senonoh, minum-minuman keras, narkoba, dan memakai bikini.

Demikian informasi tentang Sumber Sira Malang, Sumber Air Alami yang Mempesona. Jika anda tertarik ke sana kenapa tidak ke sana? Selain pemandangan bawah air yang mempesona tiket masuknya pun murah. Share informasi ini ke teman/kerabat anda jika tertarik dengan artikel ini. Selamat berlibur, jangan lupa bahagia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumber Sira Malang, Sumber Air Alami yang Mempesona"

Post a Comment